Tayangan laman minggu lalu

Minggu, 24 Oktober 2010

PERANGKAT PEMBELAJARAN TENTANG CIRI-CIRI DAN KEBUTUHAN MAKHLUK HIDUP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SDN Wiyung
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/ Semester : III / 1
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit

I. Standar Kompetensi
Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup

II. Kompetensi Dasar
1.1 Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan mkhluk hidup

III. Indikator
1. Menyebutkan penggolongan makhluk hidup
2. Membedakan ciri-ciri antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup
3. Mengelompokkan tumbuhan berdasarkan tempat hidup, jumlah kaki, jenis makanan, cara gerak, penutup tubuh

IV. Tujuan pembelajaran
1. Dengan diberikan penjelasan oleh guru, siswa dapat menyebutkan penggolongan makhluk hidup dengan tepat
2. Siswa dapat membedakan ciri-ciri antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup dengan tepat, melalui kegiatan mengamati ikan dan boneka
3. Dengan mengisi tabel pengelompokkan hewan, siswa dapat mengelompokkan hewan dengan tepat, berdasarkan tempat hidup, jumlah kaki, jenis makanan, cara gerak, dan penutup tubuh

V. Materi
• Makhluk hidup (terlampir)


VI. Metode dan Model Pembelajaran
Metode
• Tanya jawab
• Ceramah
• Demonstrasi
• Diskusi
Model
• Pembelajaran Langsung

VII. Kegiatan pembelajaran
Kegiatan awal
1. Guru mengucap salam
2. Guru mengabsensi siswa
3. Guru mengkondiskan siswa untuk siap belajar
4. Apersepsi :
• Guru menanyakan kepada siswa “apakah kalian mempunyai hewan peliharaan di rumah?,apakah kalian juga memberinya makan? mengapa harus di beri makan? hewan peliharaan itu termasuk makhluk hidup atau bukan?
• Guru menampung semua jawaban siswa
• Guru mengarahkan kepada siswa bahwa hewan peliharaan termasuk makhluk hidup dan membutuhkan makanan
• Guru menyampaikan tujuan pembelajaran secara umum yaitu mempelajari tentang makhluk hidup
Kegiatan inti
1. Guru memberikan penjelasan tentang penggolongan makhluk hidup
2. Guru menunjukkan ikan dan boneka kepada siswa dan meminta siswa untuk mengamatinya
3. Guru memberikan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan ciri-ciri makhluk hidup dan makhluk tak hidup, dengan menjadikan ikan dan boneka sebagai obyek pengamatan
4. Guru memberikan penjelasan tentang perbedaaan antara ciri-ciri makhluk hidup dan makhluk tak hidup
5. Guru memberikan penjelasana mengenai penggolongan mkhluk hidup berdasarkan tempat hidup, jumlah kaki, jenis makanan, cara gerak, dan penutup tubuh
6. Guru meminta beberapa siswa secara bergantian maju ke depan kelas untuk mengisi tabel pengelompokan hewan berdasarkan tempat hidup, jumlah kaki, jenis makanan, cara gerak, dan penutup tubuh
7. Guru memberikan LKS dan meminta siswa untuk mengerjakan soal-soal yang berhubungan dengan materi yang telah dipelajari
Kegiatan penutup
1. Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan materi yang telah dipelajari
2. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
3. Guru memberikan pesan moral kepada siswa
4. Guru mengakhiri pembelajaran dengan salam

VIII. Media dan Sumber Belajar
• Media
1. Ikan
2. Boneka
3. Gambar macam-macam hewan
• Sumber belajar
1. Arifin Mulyati dkk.(2008). Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkunganku Untuk Kelas III SD/MI. Jakarta: Setia Purna Inves

IX. Penilaian
1. Prosedur
• Penilaian proses dan penilaian produk
2. Jenis
• Tes
• Non tes
3. Alat penilaian
• Tes : LKS
• Nontes : sikap, unjuk kerja


Surabaya, Juli 2010
Mengetahui
Kepala SDN Wiyung Guru Kelas



NIP. NIP.










Lampiran 1
RUBRIK PENILAIAN

Penilaian LKS
I. Jumlah benar x 1 = 10 x 1 =10
II. Jumlah benar x 2 = 5 x 2 = 10
Jumlah skor = 20

Nilai = Jumlah skor yang diperoleh x 100
Jumlah soal
= 20 x 100
20
= 100

Penilaian Unjuk Kerja
No Aspek yang dinilai Nilai
1




2



3 Keaktifan dalam kegiatan memberikan tanggapan, bertanya dan menjawab pertanyaan
Sangat aktif = 40
Cukup aktif = 25
Tidak aktif = 10
Kebaranian mengerjakan soal ke depan kelas
Berani maju sendiri = 40
Berani maju setelah ditunjuk = 25
Tidak berani maju = 10
Mengerjakan sosl ke depan kelas
Benar = 20
Salah = 10 40




40



20


Jumlah maksimal 100



NA = Penilaian LKS + penilaian unjuk kerja
2
= 100 + 100
2
= 100

Tidak ada komentar: